Meski Belum Optimal Tapi Program Sosial Jokowi Meningkat -->

Menu Atas

Recent Posts

Meski Belum Optimal Tapi Program Sosial Jokowi Meningkat

Sabtu, 09 Februari 2019



Indeks Barometer Sosial (IBS) 2018 terhadap persepsi masyarakat tentang program-program sosial dari pemerintah yang dirilis oleh International NGO Forum on Indonesia Development atau INFID. Dimana yang hasil dari program-program sosial dari pemerintah tersebut meski masih belum optimal namun sudah meningkat.

Sebagaimana yang dilaporkan rincian dari INFID yakni dalam tiga tahun terakhir program-program sosial pemerintah Presiden Jokowi meningkat. Pada pekan lalu Bagus Takwin selaku Peneliti UI sekaligus Senior Adviser INFID menerangkan bahwa Ini suatu gambaran, saat ini pemerintah tengah mengejar optimalisasi.

Adapun hasil yang ditunjukkan riset INFID yaitu efektivitas dan kualitas program sosial pada tahun sebelumnya telah meraih skor lebih tinggi daripada di tahun 2016 dan 2017 sebelumnya. 

Sebagaimana yang telah dikutip dari IBS yakni skor program sosial pemerintah mencapai sebanyak 6,6 pada 2018. Sementara untuk di tahun 2016 dan 2017 masing-masing cuma sebanyak 6,1 dan 6,2.
Bagus berpendapat bahwa pemerintah masih harus berusaha keras supaya program-program sosial yang dicanangkannya bisa bermanfaat secara luas. Dari angka yang disebutkan masih membutuhkan adanya peningkatan pengoptimalan.

Kemudian penelitian yang dilakukan di 34 propinsi di seluruh Tanah Air dengan jumlah responden yaitu sebanyak 2.040 orang. Yang mana untuk survei di kabupaten Dompu, Timor Tengah Selatan serta pangket sebanyak 400 orang responden yang dilibatkan.

Adapun peranan dari IBS sendiri yakni merupakan audit sosial dan pantauan terhadap capaian pembangunan dan kinerja dengan memakai kebijakan sosial sebagai indikatornya. Dengan melihat IBS akan nampak hasil sejauh mana usaha pemerintah daerah dan pusat mengupayakan pencapaian keadilan sosial lewat program sosial yang telah ada.

Adapun juga INFID memiliki tujuan yaitu melakukan penelitian supaya perspektif masyarakat terhadap program sosial dapat diketahui pemerintah. INFID merasa bilaman persepsi sangatlah penting bagi pembuat kebijakan.

Mugiyanto selaku Senior Program Officer HAM dan Demokrasi INFID menuturkan bahwa skor 6,6 bermakna bahwa pemerintah cukup mengupayakan keadilan sosial. Untuk itu diperlukan suatu usaha yang lebih tinggi lagi agar dapat mencapai skor 8 yang mempunyai arti yaitu pemerintah sudah sangat mengupayakan pencapaian keadilan sosial.