Kenali Spare Part Asli atau Palsu, Ini 3 Cara Ampuhnya -->

Menu Atas

Recent Posts

Kenali Spare Part Asli atau Palsu, Ini 3 Cara Ampuhnya

Sabtu, 02 Februari 2019



Di Tanah Air kini semakin meningkatnya kendaraan yang banyak terjual, hal itu tentu menjadi sebuah pertanda bakal makin meningkatnya suatu kebutuhan suku cadang. Namun hal demikian malah dipakai oleh oknum yang kurang bertanggung jawab yang menjajakan pemalsuan spare part yang diakui asli.

Hal demikian bagi konsumen tentu akan merasa sangat dirugikan. Tidak cuma menggocek biaya untuk berang dengan kualitas yang buruk, memakai dan membeli spare part mobil palsu pun bakal berdampak buruk dan dapat membahayakan pengguna. Berikut ini beberapa cara ampuh memilih perbedaan spare part asli atau palsu supaya tidak tertipu ketika hendak membeli spare part.

1. Mengecek Nomor Seri dn Kodenya

Untuk membedakan spare part mobil yang asli atau palsu yaitu dengan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek  nomor seri dan kode yang ada. Pada bengkel resmi untuk setiap barang yang dijual pasti mempunyai nomor seri tertentu. Dalam suatu barang biasanya terdaftar di katalog resminya untuk setiap nomor seri yang tercantum. Maka dari tiu perlu untuk berfikir dua kali dan berhati-hati atau waspada jika menemukan atau melihat ada kejanggalan dalam hal itu.

Meskipun demikian bukan berarti barang KW atau palsu tidak dilengkapi dengan nomor seri. Pasalnya saat ini tidak sedikit pula dari barang KW yang dilengkapi dengan nomor seri atau kode tertentu.

Oleh karena itu jelilah dalam memeriksa barang yang di incar. Adapun kebanyakan biasanya nomor seri atau kode yang tercantum pada barang palsu lebih mudah hilang atau ringkih.

2. Ceklah Kondisi Kemasan

Usai mengecek nomor seri barang yang diincar, kemudian lakukan untuk membedakan spare part asli dan palsu yaitu dengan mengecek kondisi dari kemasan barang tersebut.

Adapun untuk kemasan barang yang asli biasanya memiliki material yanglebih halus dan tebal, bahkan kardusnya pun memiliki kualitas yang berwarna terang dan tidak lecek atau kusam.
Selain itu juga untuk spare part yang asli memiliki label stiker hologram yang tertempel pada kemasan. Namun yang perlu untuk diperhatikan yaitu label stiker utuk spare part mobil asli biasanya tidak mudah terlepas dan logonya tercetak dengan jelas.

3. Kondisi Spesifikasi dan Fisik Barang Yang Telah Sesuai

Biasanya sudah menjadi hal yang wajib ketika hendak membeli spare part mobil dengan mengecek kodisi spesifikasi dan fisik dari barang incaran. Akan tetapi kadang-kadang pengerjaan spare part palsu biasanya tidak sempurna, satu satu misal yaitu tingkat kerapian dari barang itu yang kurang baik. Kemudian biasanya utnuk spare part asli memakai bahan dari baja sedangkan yang palsu cuma dari besi biasa.